Selasa, 26 Februari 2013

Pesona Soekarno Di Uzbekistan

Inilah sekilas ulasan tentang Bung Karno versi ''Kick Andy'' yang menghadirkan para kru Tim Ekspedisi Fastron Euro Asia 2011.


Ada hal-hal menarik tentang kebesaran Nama Indonesia di dunia internasional.


Ketika presenter Andy F Noya berbincang dengan Team Leader Ekspedition Fastron, Bucek Deep, tersebutlah nama mantan Presiden RI Pertama, Ir Soekarno. Di salah satu negara persinggahan ke-7 tepatnya di Uzbekistan (negara bekas gabungan Uni Sovyet), sosok Sang Proklamator sangat terkenal dan dihormati. Tepatnya di Desa Khartank, dekat Samarqand. 


Di kota inilah makam Imam Al Bukhari, ahli hadits pengumpul sabda Nabi Muhammad SAW. Berkat Soekarno, makam yang awalnya kurang terawat, segera dirombak dan tampak indah. 

"Tempat yang megah ini awalnya dibangun oleh Presiden Soekarno dulu. Presiden Soekarno bisa memaksa Nikita Khrushchev, Presiden Uni Sovyet untuk menjadikan tempat ini ziarah," kata Bucek yang menambahkan Soekarno memberikan sumbangan emas demi pemugaran makam Imam Al Bukhari.

Berangkat dari hal tersebut, semakin banggalah kru ekspedisi Fastron bahwa Indonesia telah sedemikian besar di era 50-an. "Kita duduk terbengong-bengong karena Indonesia saat itu adalah negara besar, yang bahkan Uni Sovyet yang negara sedemikian besar pun mau menuruti dan segan kepada Presiden Soekarno," tegas Bucek yang disambut tepukan bangga para penonton di studio.

Sekadar catatan tambahan, awal dipugarnya makam Imam Al Bukhari ketika Soekarno berkunjung ke Moscow. Saat bertemu dengan Sharof Rashidov, pemimpin Partai Komunis Uzbek, Soekarno memaparkan keinginannya untuk berkunjung ke Uzbek dan berziarah di makam Imam Al Bukhari.

Setibanya di Uzbek, Rashidov pun kebingungan karena tidak tahu persis lokasi makam. Akhirnya dia memerintahkan anak buahnya untuk melakukan pencarian dan diketemukan. Saat Soekarno tiba di makam, dia melihat lokasi makam kurang terawat.

Dengan sindiran halus Soekarno pun berucap,"Seandainya Imam Al Bukhari lahir di Indonesia, makam beliau tentunya akan lebih indah dari ini". 

Dari sepenggal kisah Ekspedisi Fastron, benar-benar terungkap Soekarno begitu dikenang oleh orang yang bukan dari bangsanya sendiri.




Hmmm... 


*Dari berbagai sumber*
Zie Zie-Anonymous Updated at: 23.28

Ditulis Oleh : Zie Anonymous: Berbagi tentang semua hal menarik di dunia

Artikel Pesona Soekarno Di Uzbekistan ini diposting oleh Zie pada hari Selasa, 26 Februari 2013. Thank's atas kunjungan dan waktu Anda untuk membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Wordpress Gadgets